Review Lengkap Game Yang Pernah Viral, Pokemon Go!

Ternyata, waktu sudah berjalan cukup lama semenjak Pokemon Go hadir di dunia pertama kali di bulan Juli 2016.

Dalam kurun waktu yang sebentar, game AR buatan Niantic ini sudah menjadi fenomena yang ramai diperbincangkan oleh berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia.

Tak sedikit juga dari mereka yang menanggapii game ini dengan negative, bahkan hingga berujung pada pelarangan di beberapa negara seperti Malaysia, Iran, dan Cina.

Sebagai game yang dinantikan sejak pengumumannya pertama kali di September 2015, game ini banyak membuat para penggemarnya menunggu. Lalu, apa sih yang menarik dari game ini? Sederhana mungkin bisa menjadi kalimat yang cocok untuk menggambarkan Pokémon GO.

Inti dari permainan Pokémon GO sebetulnya kurang lebih sama seperti game Pokémon yang selama ini di kenal, hanya saja tidak ada cerita, fitur komplet, trading, dan opsi untuk mengadu monster Pokémon satu lawan satu di luar Gym.

Sekadar penjelasan ulang bagi kamu yang mungkin saja hingga detik ini belum memutuskan untuk bermain Pokémon GO, misi dari permainan game ini sebetulnya bersifat terbuka dan kamu sendiri dibebaskan untuk mengejar tujuan manapun yang kamu mau.

Apapun tujuanmu bermain, entah itu menjadi jawara Gym di kompleks lingkungan tempat tinggalmu, mengoleksi semua Pokémon dalam Pokédex, atau menjalin komunitas pertemanan yang solid, intinya Pokémon GO merupakan medium untuk berinteraksi dengan pemain lain, komunitas, dan juga lingkungan sekitar kita.

Nilai jual Pokémon GO sendiri terletak pada interaksi lingkungan sekitar pemain untuk dimanfaatkan sebagai dunia perburuan monster yang tak akan pernah ada habisnya.

Niantic Labs menawarkan kesan game yang cukup menarik lewat kehadiran ratusan monster Pokémon klasik dari wilayah Kanto.

Kamu yang mengikuti serial Pokémon maupun yang tidak, mungkin kamu cukup familier dengan aneka ragam monster Pokémon GO karena efek komik, anime, dan mainan Pokémon yang sudah ada semenjak 20 tahun lalu.

Meskipun pada awalnya apa yang ditawarkan Niantic terlihat cukup menarik, namun seiring dengan perkembangan waktu, ada beberapa kekurangan yang membuat game ini terasa sedikit cacat, terutama dari segi mekanisme Nearby Pokémon dan perlindungan game dari ulah cheater.

Salah satu masalah yang berulang kali ini menjadi sorotan dalam Pokémon GO adalah betapa buruknya cara Niantic Labs mengomunikasikan game mereka kepada pemain.

Alih-alih menggunakan desain antarmuka yang sangat minimalis untuk menghadirkan kesan ringkas, bersih, dan memudahkan pemain Pokémon GO, Niantic justru membuat kita bingung dengan penjelasan gameplay yang buruk, terutama dari fungsi Nearby Pokémon.

Saya masih ingat dengan munculnya berbagai teori bikinan pemain yang berupaya memecahkan fungsi Nearby Pokémon saat game tersebut dirilis di bulan Juli silam.

Meskipun kelihatannya membantu, namun pada kenyataannya, tidak ada satu pun teori tersebut yang benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga fitur tracking Pokémon game ini terlihat kurang matang dari segi konsep dan juga penjelasan.

Buntutnya, setelah para pemain Pokémon GO terbiasa menggunakan fitur Nearby Pokémon yang cukup absurd, Niantic Labs justru mengganti mekanisme game ini dengan model baru tanpa ada penjelasan sama sekali mengenai mekanisme yang lama.

Akhirnya, banyak pemain yang merasa dijadikan kelinci percobaan oleh Niantic, dan tak sedikit pula di antara mereka yang memberikan penilaian buruk saat menulis review, bahkan hingga meminta pengembalian uang atas pembelian IAP Pokémon GO.

Masalah lain yang saat ini sedang menjadi kanker dalam Pokémon GO adalah kurang efektifnya upaya Niantic melindungi game mereka dari kecurangan pemain yang menggunakan GPS Spoof dan situs penyedia peta Pokémon tracker seperti PokéVision dan lain-lain.

Kombinasi dua aplikasi ini menjadi trik curang yang mencederai kesenangan dan esensi dari permainan Pokémon GO.

Dengan trik yang sama pula, kamu bahkan merebut sebuah Gym dari jarak jauh tanpa harus meninggalkan ruangan, sehingga merepotkan para pemain yang bermain secara jujur dengan mendatangi lokasi Gym dan PokéStop satu demi satu.

Nah, itulah sedikit review mengenai game pokemon go. Kalian mau main?