Review Lengkap Game Bladeslinger Ep 1 – Devil May Cry Versi Barat

Pada dasarnya Bladeslinger adalah game action adventure seperti Devil May Cry, karakter kita akan berkeliling desa sambil membawa sebuah pedang dan juga senjata.

Begitu bertemu dengan musuh kamu bisa swipe untuk memulai serangan dengan blade atau kamu juga bisa tap di monster untuk memulai menembak.

Satu hal yang cukup unik dan juga menantang dalam game ini adalah kontrolnya, ini dikarenakan game Bladeslinger menggunakan konsep kontrol satu tangan dimana semua aksinya bisa dilakukan lewat satu tangan saja.

Untuk menggerakkan karakter kamu cukup tap dan slide ke atas untuk mulai bergerak. Ketika kamu bertemu dengan monster maka otomatis karakter akan menghadap sang monster sehingga kamu bisa langsung swipe untuk menyerang.

Simplifikasi kontrol seperti ini sebenarnya adalah sesuatu yang fresh tapi terkadang menimbulkan masalahnya sendiri salah satunya adalah banyaknya sistem kontrol yang harus dihafalkan, misalnya untuk melakukan blok kamu harus tap dan tahan dengan 2 jari, sedangkan untuk memukul dengan tangan kosong kamu bisa swipe dengan dua jari dan sekitar 8 kontrol lain.

Tidak ada banyak jalan cerita atau interaksi dengan NPC lain karena pada dasarnya kamu datang disebuah desa yang sudah kosong dengan orang tapi penuh dengan monster.

Kamu bisa berjalan dengan bebas di desa tanpa harus mengikut sebuah jalur tertentu, biasanya pertarungan akan terjadi di jalan tapi kamu juga dapat masuk ke dalam beberapa bangunan dimana kamu akan disambut oleh monster lagi.

Kamu mungkin sudah bisa menyadari sekarang bahwa sebagian besar gamenya akan berurusan dengan membabat monster, nah pertanyaan pentingnya adalah apakah sistem fightingnya bagus?

Untungnya jawabannya adalah iya, bukan itu saja Bladeslinger juga mempunyai sistem yang unik dan cukup deep.

Setiap pertarungan biasanya berisi 2-3 monster dan kamu bisa tap gambar cakar di layar untuk berganti target dan mulai menyerang target lain. Monster-monster ini biasanya akan sedikit diam setelah menyerang dan disitulah saat paling tepat untuk menyerang balik.

Saya telah mencoba menggunakan metode membabi buta untuk menyerang monster, walaupun strategi ini cukup berjalan dengan ok tapi membutuhkan healing potion yang cukup banyak karena kamu akan kena damage.

Strategi terbaik adalah dengan melakukan defend (tap dan tahan dengan kedua jari di layar) sampai monster selesai menyerang. Setiap kamu menyerang maka spirit bar kamu akan terisi dan jika sudah penuh kamu dapat menggunakan 1 dari 11 skill.

Untuk membuka skill-skill ini kamu terlebih dahulu harus melakukan mini quest seperti membunuh musuh dengan menggunakan senjata saja, setelah terbuka kamu dapat membeli skill ini untuk sekali pakai dengan gold atau membeli secara tidak terbatas dengan menggunakan spirit stones.

Pertamanya saya berpikir bahwa hal ini terlalu berbau IAP tetapi nyatanya mendapatkan spirit stones tidak terlalu sulit.

So don’t worry mengenai IAP-nya. Selain skill aktif kamu juga bisa menaikan 9 skill pasif. Jadi sebelum menaikkan statusnya kamu sebaiknya baca dulu kombinasi skill pasif dan aktif mana yang paling mantap dan unlock keduanya.

Bladeslinger mempunyai presentasi graphic dengan kualitas 3D yang sangat luar biasa dan menjadi salah satu nilai lebih untuk game ini.

Dan walaupun graphicnya sangat baik, kualitas gameplaynya tetap terjaga karena tidak terjadi lag, walaupun dengan action yang sangat cepat.

Tapi mungkin yang saya sedikit sayangkan adalah ketersediaan tipe kontrolnya yang cuma ada 1, kontrolnya sebenarnya cukup inovatif tapi bagi saya sedikit kurang intuitive dan saya lebih memilih kontrol dual control seperti game-game lainnya.

Overall Bladeslinger adalah game action adventure yang sangat seru dan tidak mengecewakan dalam sistem fightingnya karena cukup deep.

Tapi mungkin kamu harus membiasakan diri dengan kontrolnya terlebih dahulu beberapa waktu. Bladeslinger di release dalam bentuk episode, dan untuk episode pertama ini kamu bisa memainkan 5 chapter seru  untuk membuat kamu lupa waktu selama beberapa jam.

Itulah review lengkap mengenai game Bladeslinger Ep 1 – Devil May Cry Versi Barat. Semoga bermanfaat.